Grab Indonesia, super aplikasi terkemuka, secara resmi mengumumkan kolaborasinya dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk mendukung kampanye #BeliKreatifDanauToba dan mempercepat pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan di IT Del Laguboti, Sabtu 20 februari 2021
Dukungan Grab akan difokuskan pada promosi perjalanan dan eksplorasi Danau Toba melalui layanan Grab, pelatihan peningkatan kualitas layanan bagi merchant dan mitra pengemudi, penyediaan paket promosi wisata yang menarik dan terjangkau, serta mendukung penerapan CHSE, protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dari Kemenparekraf Indonesia.
Inisiatif ini merupakan kelanjutan kerja sama kedua pihak untuk mendukung Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021 dan mendukung 5 destinasi super prioritas.
Sementara Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo menyampaikan, bahwa Program Beli Kreatif Lokal di Danau Toba ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat bertahan dalam situasi yang penuh tantangan ini.
“Kami berharap ini dapat meningkatkan lapangan kerja di sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia. Peran pihak swasta seperti Grab merupakan salah satu bagian penting dalam proses ini, dan kami menyambut baik dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh Grab kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air,” jelasnya.
Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia juga menambahkan, beberapa destinasi pariwisata menghadapi risiko penurunan ekonomi yang jauh lebih tinggi dan sangat penting bagi kita untuk mendukung UMKM di bidang pariwisata dalam menghadapi krisis Covid-19. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini memerlukan pemulihan ekonomi yang lebih cepat.
“Melalui layanan kami dan dengan melatih UMKM dan mitra pengemudi Grab di Toba, kami berharap dapat meningkatkan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan ini serta mendukung UMKM untuk bisa #TerusUsaha. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan ketahanan mereka sehingga dapat berkembang dan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi serta mendukung program Bangga Buatan Indonesia 2021. Kami optimis industri ini akan segera pulih melalui upaya gotong royong antara pemerintah dan swasta untuk memastikan dukungan kepada semua pihak,” papar Ridzki.
Pada Januari 2021, Grab menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kemenparekraf RI sebagai komitmen berkelanjutan untuk mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui pelatihan, pemberian informasi mengenai paket liburan yang terjangkau, dan dukungan terhadap 5 destinasi wisata super prioritas.
Sejalan dengan misi GrabForGood, Grab senantiasa menciptakan inovasi teknologi melalui aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di Asia Tenggara untuk mendukung industri pariwisata Indonesia.